Catatan Qurban Idul Adha : First Taman Bacaan

Seperti yang udah di jelaskan di blog vavai.com tentang rencana Taman Bacaan Excellent yang akan melaksanakan Penyembelihan Qurban.  ini tulisan yang ada di blog vavai tentang Rencana Penyembelihan Hewan Kurban di Taman Bacaan Excellent

Dan kutipannya :

“Jika tidak ada halangan, hari Sabtu 27 Oktober 2012 rencananya ada acara penyembelihan hewan kurban di Taman Bacaan Excellent. Total ada 3 ekor kambing yang akan disembelih.

Mengapa saya memilih untuk mengadakan acara penyembelihan hewan kurban di Taman Bacaan Excellent? Mengapa tidak digabungkan di Masjid atau Mushala dilingkungan sekitar?

Pertimbangan utama saya menyelenggarakan acara penyembelihan hewan kurban di Taman Bacaan Excellent adalah karena saya ingin agar Taman Bacaan selalu ramai dikunjungi dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Oleh karenanya saya memilih lokasi Taman Bacaan sebagai preferensi tempat jika saya ingin menyelenggarakan suatu kegiatan.”

walaupun telat tapi tidak mengurangi makna dan arti.

Berikut ini adalah reportase yang saya buat atas kegiatan tersebut :

Di awali dengan pagi hari yang sejuk dan damai. karena cuti bersama pada hari sabtu itu. membuat saya lupa bahwa akan melaksanakan penyembelihan hewan qurban di Taman Bacaan yang letaknya tidak jauh dari rumah saya.

Sesuai jadwal penyembelihan akan di laksanakan pada jam 7 pagi. karena, sang penyembelihnya mempunyai jadwal yang cukup padat saat itu. tetapi karena terbawa dengan sejuknya pagi itu dan kordinasi yang kurang baik antara kakak dan keponakan saya, ada sebuah kejadian.

jam 7 kurang 15 menit seharusnya saya ataupun kakak saya harus menjemput orang yang menyembelih itu, walaupun rumahnya tidak jauh tapi haruslah di jemput. Tetapi yang terjadi kurang dari 10 menit dari jadwal tidak ada yang menjemputnya karna gak ada komunikasi yang baik.

jadinya pun saya membawa 3 ekor kambing ke Taman Bacaan untuk di sembelih karena kambingnya di simpan di rumah bukan di Taman Bacaan karena di situ gak ada yang jagain. Tetapi hal yang gak di duga adalah saat saya membawa kambing itu bersama keponakan. Saya ketemu dengan orang yang akan menyembelih. ternyata datang sendiri tanpa di jemput. tetapi tetap saja tidak enak hati. hehe

Singkatnya saya membawa kambing dan dia pun mengikuti dari belakang untuk menuju TKP Penyembelihan yang tidak jauh.

Sampai di sana dan menunggu beberapa saat. Saling silih berganti datanglah Bapak,Kakak, dan keponakan saya untuk menyembelih.

inilah reportase dan foto dari penyembelihan itu

Untuk pertama yang di sembelih di antara 3 kambing adalah warna hitam dulu. karena ada 1 hitam dan 2 putih. Kambing warna hitam yang pertama karena yang termasuk agresif sebagai seorang kambing. penyembelihan di lakukan di bantu pegangin sama kakak dan keponakan saya plus di bantu doa oleh bapak saya. seperti yang terlihat di foto atas Hehhe

saat penyembelihan dan pengambilan foto. saya mendengar suara yang asing. ternyata oh ternyata yang berbicara adalah 2 kambing di bawah ini(Khayal). yang sedang menunggu giliran.

Yang belakang bilang ke yang depan bahwa harus dia yang duluan di potong. karena badannya yang lebih besar. curang. Seperti cerita Shaun The Sheep aja. bahwa sheep yang kecil lebih pintar untuk cari alasan.

Sungguh malang nasibmu mbing. karena berhasil di bodohi oleh teman etnis bangsamu sendiri.

Saat penyembeliha yang kedua, tersiar pertanyaan yang tidak di duga oleh yang menyembelih. bukan minta air bukan karena Goloknya yang karat. tetapi di pemotongan yang selanjutnya dia ingin di foto. Hadeuh

Jadilah saya foto dengan hasilnya seperti ini

Ternyata walaupun biasa motong makhluk hidup, ternyata narsis juga ya jika ada kamera. :D

Dan yang si pintar dan hewan yang terakhir ini pun akhirnya di sembelih juga. walaupun si kambing merasa berat untuk meninggalkan dunia ini. apalagi kalau dia liat fotonya itu yang di kasih tampilan daun. makanan kesukaan dia. Hehhe

Sekian Reportase dari saya. Terima Kasih, Hatur Nuhun. Thanks You.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>