Archive for » January 11th, 2013«

Edisi Nostalgia : Masa – Masa Saat MOS SMK

Kali ini di post yang kesekian kalinya ini. Saya akan mencoba mengingat kembali masa lalu yang ada asyiknya dan ada juga gak asyiknya. Ketika, saya pas masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan. Ini adalah kejadian 4 tahun yang lalu. Waktu itu saya ikut Masa Orientasi Siswa atau yang biasa disebut dengan MOS.

Waktu itu di sekolah saya bukan di sebut dengan MOS tapi Pekan Ta’aruf Ilmiah. Yang katanya sih artinya Seminggu berkenalan dan bersilahturahmi. Waktu itu Pekan Ta’aruf yang saya dan teman saya ikuti adalah 3 hari di Sekolah dan 4 Hari kemping di Cibubur. Beginilah isi post kali ini.

Jam 05.30 saya berangkat bersama kakak saya ke Sekolahan. Karena masuknya jam 06.30 makanya saya berangkat pagi itu. Bersama dengan Saudara saya yang diantar oleh Bapaknya. Saya minta diantar karena kalau naik angkutan bisa lama. Di karenakan juga karena saya belum tahu tempat. Dan juga biasanya di saat jam segitu adalah jam-jam macet karena pada memulai kesibukan masing-masing. Makin susah aja saya untuk datang tepat waktu.

Sampai di sekolah jam Setengah 7 kurang 15 menit. Saya bingung mesti ngapain waktu. Karena emang belum kenal sama siapa-siapa. Seperti Ayam Pelo yang di tinggal sama induknya. Kegiatan saya waktu saat itu adalah duduk manis di teras kelas sambil liatin siswa-siswa baru yang pada baru datang.

Selama 3 hari saya mesti mengikuti Pekan Ta’aruf Ilmiah di sekolah. Yang 3 hari itu saya di kasih tugas ini itulah sama Pengawas. Dari tugas rambut di suruh di botakin, Nyari karung buat bikin tas lah. Nyari tambang buat pengait tas lah. Sampai nyari makanan dan minuman dengan di kasih kode. misalnya di suruh nyari minuman 6T. yang telah di cari-cari ternyata Air Minum VIT. Oia waktu itu saya di pilih menjadi ketua kelompok untuk Kemping di Cibubur.

Saya waktu itu terima aja sebagai ketua. Di karenakan biasanya kalau MOS menjadi ketua kelompok itu jarang di kerjain sama Pengawas dan menjadi akrab. Sebagai ketua kelompok saya memimpin 13 Cowok dan 22 Cewek di karenakan kelompok saya campuran. Tapi pemikiran saya salah karena katanya Ketua Kelompok tuh harus bertanggung jawab atas semua kesalahan yang dilakukan oleh Kelompoknya. Sial.

Pas hari keempatnya sebelum berangkat ke Cibubur semua anggota harus berkumpul terlebih dahulu. Dan ini adalah salah satu Pengawas dan kelompoknya. Inilah wajah 4 tahun lalu. Sungguh senyum itu indah.

10941_1312302405155_1923085_n

Setelah berkemas-kemas dan bersiap-siap sambil makan bubur kacang hijau yang di sediakan oleh panitia. Jam 07.30 kita serombongan berangkat menuju Cibubur. Dengan menumpang 3 Mobil TNI kami semua berangkat. Tetapi terjadi kesalahan yang di lakukan oleh Panitia. ternyata jumlah Mobil tidak cukup untuk menampung semua rombongan.

Karena saya waktu itu ketua kelompok. Saya naik yang perjalanan pertama. Karena mesti nyiapin tenda dan ngawasin anggota kelompok cewek saya. Berdua dengan teman baru, Yang sampai sekarang menjadi teman akrab. Saya sangat santai saja sambil nikmatin angin. Perjalanan ke Cibubur hanya butuh waktu 1 jam dari tempat keberangkatan.

Sesampainya, Saya harus mencoba mendirikan tenda bersama anggota kelompok cowok yang baru ada tidak sampai setengahnya. Untuk kelompok cewek saya serahkan kepada Pengawas Kelompok saya untuk membantunya. Waktu terus berjalan. Semua kelompok sudah berhasil pada mendirikan tendanya masing-masing. Sedangkan kelompok saya yang kekurangan Anggota malahan belum berdiri sama sekali. Karena pusing mikirin tenda. Saya ajak kelompok saya untuk makan dulu sambil nunggu anggota kelompok saya yang belakangan. Sungguh santai sekali waktu itu. Padahal gak mikirin kalau tendanya belum berdiri mau tidur dimana kelompok saya.

Sambil makan sambil liatin tenda kelompok lain yang sudah berdiri. Lucu-lucu tendanya. Karena, ada tenda yang dari terpal. Dan pas saya cek ke dalam ternyata bau Kambing. Hahahaha. Gak pernah bisa bayangin tidur dengan beratapan Bau Kambing. Sungguh payah karena tertawain tenda orang tetapi tenda sendiri belum berdiri.

Oia sambil nungguin anggota kelompok saya yang lain. Ini saya kasih tau anggota kelompok cewek saya. Kocak-kocak. Nungguin anggota lain sambil dengerin ceramah pengawas. Ini ni.

10941_1312356286502_8243308_n

Dan pas nungguin kayak begitu. Kelompok yang lain baru pada datang, Terlihat dari mobil yang di belakang. Hahahahha

Pas semua anggota kelompok saya udah pada datang. Barulah tenda kelompok kami coba di dirikan. Di iringi hawa malas karena habis bersantai-santai bersama yang lain.

Bagi-bagi tugas. ada yang membantu mendirikan Tenda dari dalam supaya tegak. Ada yang mematok kayu sebagai penopang tenda. Cukup rumit juga ternyata. Dari patok sini patok situ. Sikut sini sikut situ. Well itu gak nyambung.

Berkeringat dingin dengan jerih payah mendirikan Tenda bersama anggota. Hasilnya. Tenda anggota kelompok saya seperti komedi putar yang di sampingnya di kasih kuda-kuda. Bulat dan mirip sekali. Karena, waktu itu sudah sangat lemas karena baru datang akhirnya tenda kelompok saya didirikan seperti itu. Ya lebih baik lah dibandingkan tenda tetangga sebelah yang bau kambing itu. Hust. Jangan bilang-bilang sama tetangga sebelah ya.

Acara hari itu hanya dengerin arahan dari Ketua Yayasan dan pengawas. Diiringi dengan pengajian dan Surat Yasin dengan khidmat karena waktu itu malam jum’at. setelah selesai semuanya kembali ke Komedi Putar dan tidur bersama-sama.

Acara hari selanjutnya adalah Perkenalan dengan para tetangga sebelah. Dilanjutkan dengan Shalat Jum’at. Sambil diberikan ceramah yang jelas-jelas bikin ngantuk karena semuanya capek saat ceramah itu. Waktu itu selepas shalat jum’at semua rombongan di kumpulkan di lapangan. Di beritahukan bahwa telah terjadi Bom terorisme di Hotel Ritz Carlton dan hotel lain. Kami serombongan langsung berdoa untuk diberikan ketabahan dan kebaikan bagi korban. Amin

Acara klimaksnya adalah nyari jejak. Semuanya rombongan ikutan acara itu. Diawali satu persatu kelompok maju duluan. Karena waktu itu kelompok saya kelompok 11. Yang berarti kelompok saya adalah kelompok yang terakhir untuk maju belakangan. Hehehe.

Dari hal itu yang masih saya inget adalah di tiap Pos. Saat kena hukuman sama Penjaga Pos. Kelompok saya selalu bilang begini “Salah kita apa ?”. sampai berulang kali kelompok saya bilang begitu dan berulang kali kelompok saya kena hukuman karena hal itu. Tetapi dikarenan kelompok saya benar maka saya berulang kali selalu bilang sama yang lain kalau di hukum serempak harus bilang ” Salah kita apa ?”. Tetapi udah hukum alam yang bilang pengawas selalu benar saya dan anggota kelompok pun pasrah. Sambil di iringi dengan dosa kami yang semakin berkurang. Hehehe

Eniwei di perjalan itu sambil mencari Kayu ranting untuk di kumpulkan saat api unggun. Karena, kelompok kami yang paling terakhir dan rantingnya pun udah pada habis sama kelompok yang duluan. Kelompok saya pun panik karena takut kena hukuman lagi. Dikarenakan hal yang seperti itu, anggota pun mencari akal. Anggota saya tiba-tiba lari ke pohon dan manjat ke atas untuk metik ranting padahal itu di larang karena karena ada di dahan pohon.

Anggota yang sudah mulai takut kena hukuman pun menyemangatinya supaya lebih banyak lagi untuk metiknya biar gak kena marah. Eh apa yang terjadi ternyata bukannya kena marah sama pengawas tetapi kena marah sama penjaga di Cibubur. Kabur. Sejak kejadian itu bocah yang manjat tadi langsung di panggil sama yang lain dengan panggilan Bolang sampai sekarang. Karena seperti Bolang yang di Trans7 itu. :D

Karena harap cemas sudah sirna. Karena sudah punya ranting yang cukup banyak hasil jerih payah tadi. Kami pun berangkat ke tujuan akhir dari perjalanan itu. Eh tatkala sampai di situ. Bukannya senang-senang malahan kena lorengan di pipi dan wajah saya dengan lumpur. Dilanjutkan dengan terjun ke rawa-rawa. Seperti yang ada di di penerimaan Abri baru. Merangkak di atas lumpur. sambil di seret-seret sama pengawas jika males-malesan merangkaknya. Inilah wajah saya saat mengikuti kegiatan waktu itu. Gak terlupa pake make-up lumpur.

10941_1312296245001_2257752_n

Ada lagi anggota kelompok yang lain yang sedang melaksanakan keasyikan itu. Dengan senyum sumbing bahagia merona dibibirnya. Yang seakan-akan manis itu. Hehehe

10941_1312356206500_1257722_n

Senyummu mengalihkan duniaku. :-)

Setelah hari-hari berat itu berakhir. Sehabis mandi dan Shalat maghrib. Kami semua rombongan berkumpul di lapangan untuk acara pamungkas yaitu api unggun. Hasil ranting yang kelompok saya dan kelompok lain kumpulkan tadi siang. Walaupun siang itu berat terasa tapi pas malamnya kami beriang gembira dengan di iringi nyala api unggun yang besar.

Sekian dulu ya :D

Oia pesannya seperti ini :

#Walaupun kita mengalami kejadian seperti itu yang tidak mengenakkan di hati, Cobalah buat kejadian itu menjadi asyik. Berpikir positif untuk hal yang mengasyikkan. Walaupun pake make-up lumpur tapi jika di bawa pikiran yang asyik. Senyum kita pun menjadi lebih indah walaupun diri ini penuh dengan kotoran.