Archive for the Category »Cerpen «

Dongengku : Sersan Nematma

Akhirnya cita-cita masa kecil saya menjadi kenyataan yaitu membuat dongeng buatan saya sendiri. Dulu waktu saya kecil saya suka baca dongeng-dongeng yang membuat saya punya impian untuk membuat dongen sendiri, buatan saya sendiri, ide cerita dari saya sendiri. Karena ini yang pertama kali. Pembuatan dongeng ini pun butuh waktu bagi saya. Karena mau kasih nama tokoh utamanya siapa, ide cerita dongen saya gimana. Yang pasti Alhamdulillah hari ini impian itu menjadi kenyataan.

Ssaya kasih tokoh utama bernama Sersan Nematma. Nama yang saya buat sendiri. Hehehehe.

Langsung aja ya ini dongeng buatan saya.

“Sersan Nematma”

Sersan Nematma adalah seorang petualang gagah berani yang melawan penindasan yang terjadi di hidup ini. Dia adalah pemimpin bagi semua kaum penghuni bawah tanah. Dengan armada dan prajurit yang dimilikinya dan juga senjata racun dan badan lunaknya. Dia dengan berani dan tegasnya melawan penindasan yang telah dilakukan oleh para penghuni kaum atas.

Penghuni kaum atas yang dipimpin oleh Komandan Burying yang telah membuat peraturan kejam yang mau tak mau harus dijalankan oleh kaum atas dan dengan peraturannya itu telah membuat penghuni bawah tanah menjadi semrawut.

Yang telah melakukan pencemaran dan membuat penghuni dunia bawah menjadi sengsara dan hancur. Dikarenakan, ulah oleh para penghuni kaum atas. Dengan perilaku dan kegiatan sembarangan yang telah dilakukan oleh para penghuni kaum atas. Membuat struktur kehidupan dunia bawah menjadi kacau.

Sersan Nematma yang melihat kejadian itu tidak tinggal diam saja dan mengajak para pasukannya untuk bergerak melawan penghuni kaum atas dan melawan pemimpinnya.

Dengan pasukan armada yang terdiri dari semua kaum bawah tanah. Sersan Nematma melancarkan agresi revolusi untuk menumbangkan pemimpin kaum atas.

Saat bulan purnama tiba. Semua pasukan dan armada prajurit bawah tanah mengendap-ngendap untuk masuk ke kediaman pemimpin kaum atas. Di kediaman pemimpin kaum atas yang di jaga ketat oleh para penjaga dan bodyguard terbaik.

Sersan Nematma dan pasukannya berjalan dengan hati-hati. Dengan strategi dan instruksi yang di buat oleh Sersan Nematma. Dengan mudah satu persatu para penjaga dan bodyguard terbaik milik Komandan Burying dapat dikalahkan.

Para pasukan Sersan Nematma yang sudah bergembira karena berhasil menjatuhkan semua lawan dan tinggal melawan Komandan Burying. Menuju ke tempat Komandan Burying. Sersan Nematma yang bersiap untuk menangkap Komandan Burying tidak dapat dilakukkan.

Karena, dengan sigap dan refleks yang luar biasa Komandan Burying dapat melepaskan diri dari Sersan Nematma. Dengan perintah dan aba-aba yang di lakukkan oleh Komandan Burying.

Suatu hal yang tidak terduga terjadi. Para penjaga dan bodyguard milik Komandan Burying muncul secara tidak terduga di tempat Sersan Nematma dan Komandan Burying berada. Dengan keadaan yang seperti itu semua pasukan Sersan Nematma pun menjadi terkepung dan menyerah dengan mudah di hadapan pasukan Komandan Burying.

Melihat semua pasukannya di tangkap. Sersan Nematma pun menjadi pasrah dengan keadaannya yang terdesak seperti itu. Tetapi, mengingat apa yang telah terjadi dengan para kaum bawah tanah. Sersan Nematma pun mengajak berunding.

Sersan Nematma ingin mengajak Komandan Burying untuk bertarung satu lawan satu. Perjanjian perundingannya jika Sersan Nematma kalah maka bunuhlah dia dan bebaskan para pasukanku. Tetapi jika Sersan Nematma menang maka ubahlah peraturan yang membuat para penghuni bawah tanah sengsara.

Komandan Burying dengan cepat menjawab dapat menyetujui perjanjian itu. Dikarenakan sangat yakin dapat mengalahkan Sersan Nematma dengan senjata dan kemampuannya yang hebat.

Pertarungan antara Sersan Nematma dan Komandan Burying pun terjadi. Dengan senjata dan kemampuan yang di atas rata-rata pertarungan keduanya pun menjadi sengit dan sulit untuk ditebak siapa yang akan menang.

Sersan Nematma tersudut oleh kemampuan Komandan Burying yang luar biasa. Dengan keadaan yang seperti itu pun sudah ditebak bahwa Sersan Nematma akan kalah. Tetapi, saat Sersan Nematma melihat ke arah pasukannya yang pasrah kaumnya yang sengsara. Sersan Nematma pun menjadi bangkit kembali dan bertarung sengit kembali.

Akibat kebangkitan Sersan Nematma yang tiba-tiba seperti itu. Membuat pertahanan Komandan Burying menjadi kacau. Kesempatan itu pun di maksimalkan Sersan Nematma untuk memojokkan Komandan Burying.

Dengan satu gerakan lincah karena tubuhnya yang lunak Sersan Nematma berhasil menjatuhkan Komandan Burying dan memenangkan pertarungan itu. Semua pasukan Sersan Nematma pun menjadi riuh bergembira.

Tetapi Komandan Burying yang tidak terima kekalahan itu mencoba untuk membunuh Sersan Nematma. Dengan sigap Sersan Nematma mengelak serangan itu. Dan membalas serangan Komandan Burying dengan Racun yang dimilikinya itu. Racun itupun mengenai Komandan Burying. Akibat pengaruh racun dari Sersan Nematma yang mengerikan. Komandan Burying pun mati.

Dengan kematian Komandan Burying para Penghuni Kaum bawah pun menjadi riuh gembira. Dan para penghuni Kaum Atas menjadi terbebas dari belenggu peraturan kejam yang di buat oleh Komandan Burying.

Kesepakatan terjadi antara Sersan Nematma dan Wakil Komandan Gubo yang menjadi pemimpin Kaum Atas menggantikan Komandan Burying.

Wakil Komandan Pahermatus berjanji bahwa akan menghapus peraturan kaum Atas yang merugikan kaum bawah. Sersan Nematma pun menerima kesepakatan itu.

Akibat peraturan baru yang di buat Wakil Komandan Gubi. Para kaum bawah pun dapat menikmati Kesejahteraan dan kembali melakukan kegiatan dengan tentram.

Dengan Sersan Nematma pemimpin kaum bawah dan Wakil Komandan pemimpin kaum atas kehidupan para penghuni kaum bawah dan penghuni kaum atas pun menjadi selaras dan akrab.

By Akoy

 

Ya seperti itulah buatan saya. Gak tau bagus apa enggak. Jelek atau Amburadul. Gak tau di sebut dongeng ataupun cerita khayalan. yang pasti ini buatan saya sendiri. Khayalan saya sendiri :D

Oia nanti gambar tokohnya Insya Allah saya buat. Yang pastinya dengan khayalan saya sendiri. di tunggu aja ya !!

Kehikmahan itu adalah sesuatu !!!

Sejak tinggal sendiri di Kostan karena sedang Kuliah di bandung, Alhamdulillah saya berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Saya selalu menjadi lebih menghargai hidup ini, lebih menghargai orang yang berada di sekitar kita. lebih menghargai orang yang selalu membantu saya. Selalu mengucapkan terima kasih kepada Allah dan semuanya. Dan yang terpenting saya melakukan yang tidak bisa saya lakukan saat sedang di rumah.

Berubah, berubah dan berubah menjadi yang lebih baik selalu saya coba. Dan itu semua semoga saya dapatkan. Setiap kita melakukan sesuatu dan mencobanya untuk melakukan pasti mendapatkan hikmah yang tidak biasanya. Seperti saya yang sedang mencoba hidup mandiri.

Sejak tinggal sendiri, saya selalu menghargai apa itu arti hidup dan untuk apa saya hidup di dunia ini. Selalu menghargai setiap orang yang berada di sekitar saya. Apalagi orang yang selalu saya sayang seperti salah satunya adalah keluarga dll.

Menjadi lebih menghargai setiap detik bersama orang yang saya sayang seperti keluarga saya. Biasanya, waktu saya itu masih hidup dan tinggal bersama keluarga. Saya selalu mengabaikan detik dan keakraban keluarga yang sangat besar artinya bagi saya saat sekarang.

Karena makna hidup sendiri adalah menjadi lebih baik dan baik. Contohnya saat sering ketemu dengan keluarga apalagi orang tua. Kita selalu bilang bosen dan bosen. Tapi semenjak di sini, dan saat saya pulang ke Kampung Halaman saya jadi mengerti apa itu Keluarga. Karena selain kita kangen. Mereka jugalah yang berarti dalam hidup ini. Menjadi penyemangat dan tuntunah arah.

Dan lagi saya sering beribadah dan menjalankan perintah-perintah-Nya. Seperti Shalat dan Puasa. waktu tinggal di rumah saya selalu mengabaikan Shalat. Padahal itu sangat penting sekali. Karena dapat membuat hati tenang dan tentram dalam hidup ini. Oia dan satu lagi puasa. Alhamdulillah saya menjadi sering rutin Puasa saat di sini. seperti yang saya jalankan di sini adalah Puasa Senin Kamis yang sangat – sangat susah di jalankan saat saya sedang di rumah.  Entah karena males atau apalah. pasti susah untuk di jalankan.

Menjadi lebih memaknai makanan dan minuman yang cukup melimpah. merasakan sesuatu yang orang lain alami seperti kelaparan. Saya selalu menikmati makanan yang telah di berikan. Dan tidak lupa selalu mengucapkan terima kasih Kepada Allah dan juga lainnya.

Untuk yang lainnya ?. memang ini terasa aneh karena saya sering mengucapkan terima kasih dan rasa sayang kepada benda yang telah membantu saya dalam menjalani hidup ini. Contohnya seperti Notebook. Notebook telah sangat – sangat membantu saya dalam mengerjakan sesuatu. Seperti contohnya saat saya sedang menulis cerita ini di Notebook. Saya selalu mengucapkan terima kasih dan selamat beristirahat dalam hati sehabis saya pakai. Memang seakan aneh.

Karena dalam pikiran saya saat kita telah di bantu oleh yang lain ucapkanlah terima kasih. Dan sayangi lah untuk benda. Karena jika saya menyayanginya mungkin atau tidak pasti dia akan lebih semangat. Ya seperti Notebook menjadi tidak gampang rusak. Setiap sesuatu dan apapun yang kita lakukan itu pasti ada balasannya yang setimpal.

 

Contoh lainnya adalah meja yang sering saya gunakan untuk menahan beban benda yang lain. Dari yang berat dan ringan. Saya seperti sayang sama sebuah benda dan meja sampai sekarang  membalasnya. Kenapa ?.. Karena walaupun di tindih dengan barang yang berat. Dia menjadi tidak mudah patah dan rapuh ataupun bahkan di gigit dengan rayap. Ucapkan terima kasih

Walaupun ini jadi seperti orang aneh dan mempunya sifat dan pikiran yang tidak biasa. Saya tidak masalah dengan itu yang penting saya menghargai semua yang telah membantu saya dalam kehidupan ini.

Semoga di berikan kesehatan untuk semuanya. Khususnya keluarga saya.  Amin (y)

Dan menjadi lebih baik, baik dan baik..

Malam kelabu ?

Kegiatan baru bisa dibilang yang namanya kegiatan adalah ketika kegiatan tersebut terdiri dari dua bagian. Kenapa saya bilang begitu karena semua di dunia ini pasti mempunyai dua sisi. Contohnya seperti uang logam mempunyai dua sisi mata uang. ya iyalah namanya juga uang logam. kalau punya empat sisi berarti uang kertas.

Sedangkan dua bagian dari kegiataan yaitu menyenangkan dan menyedihkan, yang pertama adalah bagian menyenangkan yang isinya pasti happy. Membuat raga menjadi lepas. Yang selalu ingin di ulangi kembali. Kenapa raga bisa menjadi lepas ?aneh.

Karna terkadang kegiatan yang biasa dilakukan seperti itu menghasilkan sesuatu yang berbeda. Berbeda dalam arti yang biasanya murung menjadi lebih murung. Well. Bukan itu yang saya maksud karena murung bisa berubah menjadi lebih bahagia. Mengapa murung dulu gak bahagia dan senang.

Karna lebih baik murung terlebih dahulu daripada bahagia dulu. Murung – Bahagia. Tidak seperti, Bahagia – Murung. Karna apa !. Peribahasa aja mengajarkan untuk berakit – rakit ke hulu, berenang – renang ke tepian. Gak ada peribahasa berenang ketepian, terus sakit. ntar malahan di marahin !

Selama hidup mandiri dan bersusah payah untuk melengkapi kegiatan, ada yang kada kalanya sifatnya menyenangkan dan ada juga yang menyedihkan. Selama tinggal sendiri di kosan saya sudah mengalami senang – susahnya hidup sendiri. Dari masaka sendiri, nyuci sendiri, main game sendiri,mandi sendiri. Ya iyalah. Tapi untuk makan berdua sama temen saya. So sweet.

Kegiatan kali ini adalah menyedihkan. Bermula dari saya berangkat ngampus pada hari rabu. Ok pada kegiatan ngampus itu semua lancar aja. Jadi untuk kali saya gak akan menceritakan kegiatan ngampus dulu. Menyedihkan ini terjadi saat saya pulang dari ngampus. Pas saat jam 6. ketika saya pulang. Kejadian ini dimulai dengan keanehan. Lampu kosan yang biasanya saat menjelang malam selalu menyala, sekarang tidak menyala.

Saat itu saya biasa aja karna mungkin saja belum dinyalain. Saat masuk kedalam kosan. Semua penghuninya sepi, tidak ada satupun orang di dalam rumah. Semua gelap dan lampu tidak ada yang menyala.

Ketika kebingungan itu ada 1 temen kosan yang di rumah, yaitu teddy. “ted pada kemana nih orang ?”. saya bertanya pada dia. “gak tau”. Cuma itu jawaban yang dia berikan kepada saya. Satu hal yang masih membuat bingung saat itu adalah kenapa lampu tidak ada yang menyala. Kami pun mencari stop kontak dan saklar mungkin saja lagi turun. Tidak ada masalah.

Saya tanya lagi. Sejak kapan nih lampu gak nyala. Karena mungkin saja ini cuma mati listrik. Saya sangat berharap itu mati listrik. Karena iri melihat keasyikan tetangga yang lampunya nyala. Kenapa cuma lampu rumah ini yang tidak nyala ?.

Udah dari jam 3 koy. Si teddy jawab karena saat itu dia ada di kosan. Lah kenapa bisa ya?. Saya pun bingung dan hanya terdiam. Berpikir kosong. Mungkin saja saat berpikir muncul lampu yang menyala.

Tidak ada lampu yang nyala. Melihat arloji yang sudah jam Tujuh kurang 15 menit. Saya panik lagi karna belum ada jawaban dari solusi masalah ini. 1 orang bingung lagi pulang. Dan dengan perkataan yang sama. Saat dia melihat lampu seisi rumah tidak ada yang menyala satupun. Lah kenapa ini gak nyala ya kang ?’.

Dan jawabannya saya adalah menggelengkan kepala. Karena bertambah 1 orang menjadi 3 orang bingung. Berpikir logis kembali. Ketemu ide untuk melihat kembali saklar rumah mungkin saja ada yang terlewat. Berjalan, meraba tembok itulah yang dilakukan untuk melihat suatu mukjizat. Untuk berjalan aja susah. Maka beruntunglah orang yang jalannya lancar dan tidak ada halangan.

Saat sampai di tujuan. Membuka kotak saklar. Orang bingung yang terakhir memberitahu bahwa ada selembar kertas dalam kotak saklar. Karena mata dia sudah buram dan tidak dapat membaca karena gelap. Jadi kertas itu dikasih kepada saya. Inti isi pesannya

Maaf listrik rumah ini kami putus karena anda telat bayar listrik 1 bulan”.

Well jeger tekewer kewer. Tidak percaya apa yang barusan saya baca. karena biasanya listrik di putus saat sudah telat 2-3 bulan. tapi baru 1 bulan sudah diputus. sadis. Saya memberitahu isi kertas tersebut. Semuanya pada bingung. Dengan 1 pikiran yang sama “ mau tidur dimana malam ini’.

Orang bingung terakhir, bilang dengan sangat bijak kepada kami. Bahwa dia akan tidur dengan temannya. Maka dia pun masuk ke rumah untuk siap-siap. dasar tidak sekawan. inginnya sih ngikutin dia masuk ke rumah. untuk pergi juga. tapi saya setia kawan sama teddy. sekawan tapi tidak seteman. ??

Saya berpaling pada Teddy. Dan dia mengerti apa maksud saya dan menjawab semua solusi yang ada pada solusi. ‘ kita makan dulu yuk koy. Gue laper nih belum makan dari tadi’. sangat – sangat bijak sekali. Dan saya pun Ok sip. Masalah tidur mah nanti yang penting isi dulu perut.

Saya pun berangkat untuk makan. Di samping monumen depan kampus Padjajaran. Lauk saat itu adalah nasi goreng. Apapun makanan saat itu pasti enak. Karena hati yang sedang gundah dan juga memang sedang rakus. Setelah makan. Dan rasanya sudah kenyang. Si teddy menatap saya. Dan saya menjawab tatapan matanya dengan maksud “ abis ini kita mau kemana dan tidur dimana ?”.

****

Mentok di Pos

Semuanya berawal dari hal yang gue sendiri tidak tau kenapa bisa terjadi. ini cerita gue tentang temen SD gue yang walaupun rumahnya deket tapi jarang ketemu, sekalinya ketemu gue merasa cepet banget akrabnya sama dia.

Gue yang waktu itu sedang belajar AutoCad, mendapat rekomendasi dan informasi dari temen, bahwa dia( nama di samarkan ) lumayan jago dalam hal desain AutoCad. langsung aja gak lama gue contact dia. dan kebetulan emang betul terjadi.

Ceritanya pas contactan sama dia lewat fb dan sms. gue langsung janjian ketemu sama dia. Pas mau janjian begitu, gue tanya ke Dia ‘ Mau ketemuan dimana”. angan-angan gue pasti kafe or tempat nongkrong gitu yang asyik. tetapi jawaban dia beda dengan khayalan gue. Dia dengan polos bilang kalau kita janjian di Pos deket rumah aja. well ternyata tidak jauh juga ya

Setelah waktu yang di janjikan, gue langsung ketemu sama dia dan rasanya bukan pertemuan yang biasa karna gak seperti biasanya. tapi gue harus nanyain tujuan gue ketemu sama dia minta AutoCad dan panduannya. pas tujuan tercapai, gue langsung ngobrol ngalar ngidul sama dia. dari hal SD sampai hal gokil yang pernah di alami. gak terasa gue ngobrol sama dia sampai jam 11 malam. gue pun langsung pamit buat pulang. tetapi sebelum itu gue janjian lagi ketemu sama dia.

Pas kejadian di Pos itu gue jadi sering janjian sama dia. dan lama-lama pertemuan itu menjadi hal yang tidak begitu biasa. gue lama kelamaan mulai suka sama dia karna sering ketemu dan memang nyambung kalau ngobrol. Asyik gitu

Mungkin gue juga bisa kaya di cerita My Heart. tapi kebalikan dari ceritanya gue bakalan nulis inisial nama gue dan nama dia di tembok Pos bukan di pohon. tapi sayangnya itu gak terjadi karna gue sendiri takut di marahin sama penjaga Posnya, bisa di labrak di rumah kali.

Sampai sekarang gue masih juga mikirin dia dan contactan lewat fb,sms and twitter. dan sampai sekarang juga gue gak berani bilang ke dia. mungkin jika gue jadi sama Dia bakalan jadi pasangan yang pas karna begini. Dia mempunyai penyakit insomnia penyakit yang berarti susah tidurnya sejak Ujian Sekolah kemarin, sedangkan gue punya penyakit gampang tidur bahkan kelebihan tidurnya seperti koala.

Cocok karna bisa di bilang saling melengkapi satu sama lain. dia bisa bagi gue sedikit insomnya biar gak tidur terus. sedangkan dia gue bagi tidurnya gue biar nanti bisa sama-sama segar untuk melakukan aktifitas.

Tapi yang pasti nanti gue gak bakalan lupa tentang Pos bersejarah gue. awalnya di Pos dan gue pas jadian Insya Allah di Pos juga. Pos is my life and Pos your is my life to. Gue namain pos itu, Pos berbagi.

Selalu mentok di Pos

Keimanan Sempurna yang Ternoda

Kita hidup di dunia ini adalah untuk menyembah Allah SWT karna ajaran yang telah di berikan dari turun temurun. Kita harus Shalat, Sodakoh dan tidak boleh melanggar ajaran Allah SWT.

Tapi kadang kala persepsi seperti itu bisa menjebak kita, hingga nanti menjadi masuk neraka. Sebernarnya  walaupun kita rajin beribadah dan beramal sholeh kita tetap akan masuk ke nerakanya Allah. ini seperti sebuah buku yang gue baca yang judulnya ” Robohnya Surau Kami”.

jadi di buku itu bercerita tentang seseorang yang rajin beribadah, sudah bolak-balik pergi Haji bahkan ada yang sudah mendapat gelar Syeik tetap masuk neraka. karna tidak menerima itu, seorang Haji bertanya kepada Allah SWT . Ya Allah kenapa saya yang rajin beribadah, beramal soleh dan taat menjalankan syariatMu ini tetap masuk neraka. padahal ada seorang yang belum pergi haji dia bisa masuk Surga . Allah SWT menjawab ‘ ada lagi yang kau kerjakan. dengan lantang pak Haji tersebut bilang TIDAK karna kerjaannya di dunia hanyalah beribadah kepada-Mu.

Allah pun tanpa pikir panjang mengirim kembali dia ke neraka. Dia pun tidak terima, dan ingin meminta penjelasannya. Allah SWT memberikan penjelasannya. memang betul kau beribadah kepada-Ku tapi kau salah karena telah menelantarkan Istri, Anak, dan cucumu. kau biarkan dia sengsara, kau biarkan dirimu sendiri yang benar. tanpa pernah membantu darang dagingmu. kerjaanmu hanya di Masjid dan lupa akan kewajibanmu untuk mengurus rumah tangga yang sakinah.

jadi pada intinya sebenarnya tidak salah kita beribadah kepada-Nya, taat dan beramal soleh. tapi penting juga kita harus melaksanakan kewajiban sebagai kepala rumah tangga.

Jangan terlalu nafsu untuk kepentingan pribadi, sehingga melupakan kewajiban sendiri