Archive for the Category »Tentang sekitar kita «

Mengisi Kekosongan : Gudang Buku

Waktu itu hujan rintik menyelimuti Kota Bandung pagi hari. Ketika air hujan perlahan-lahan tidak mau pergi dari sini. Ku awali pagi itu dengan hawa males karena situasi dan kondisinya yang tidak mendukung untuk beraktifitas. Untungnya saat itu jadwal kuliah sedang libur jadi bisa santai-santai di Rumah Sementara yang di buat nan megah walaupun ukuran kamar sebenarnya kecil. :D

Pagi itu hawa dingin masih menyelimuti seluruh Kota Bandung. Masih belum beranjak dari selimut nan lembut yang masih nempel di sekujur tubuhku. Ku paksakan untuk bangkit mengambil handuk dan peralatan mandi. Seketika di ambil. Hawa malas dalam diriku saat pagi itu masih menyelimuti.

Seketika air yang dingin menyentuh kulitku yang sangat berat dan bersedih ketika di siram karena dinginnya pagi itu. Tetapi yang kurasakan saat sudah mandi adalah kesegaran yang tiada tara. Yang awalnya ketika itu malas untuk beranjak menjadi segar dan bugar kembali setelah mandi.

Di awali dengan rutinitas pagi-pagi yaitu online dan cek notif jejaring sosial tidak ada yang asyik saat itu. Isinya semua cuma stat dan tweet tentang dingin, Hujan, dan malas. Bosen yang kurasa waktu online ingin melakukan hal yang lain. Ku cari sesuatu hal yang dapat membangkitkan semangatku lagi. Dari yang download film terbaru sampai main games. Tetap aja yang kurasakan adalah hal kebosanan karena sudah terlalu sering rutinitas itu yang dilakukan.

Teringat kembali saat dirumah sering mengisi kekosongan dan kebosanan dengan cara pergi ke Toko Buku. Memang hal yang ini belum saya lakukan kembali saat coba hidup mandiri di Kota Kembang. Bersiap-siap diri untuk ke Toko Buku yang jaraknya tidak lumayan jauh dari tempat saya. Sebelum berangkat browsing-browsing dulu buku yang akan di cari sudah keluar apa belum. Setelah pasti barulah lets go. Kebetulan hujan juga sudah berhenti jadi bisa berangkat ke Toko Buku mengendarai Si Vega R Biru andalanku.

Di perjalanan yang kurang lebih 15 menit dari tempat saya terasa menyenangkan. Karena hawanya yang sejuk sehabis hujan. Jadi tidak tahu bahwa itu udah siang dan hawanya masih kaya pagi hari. Hemb

Setibanya di Toko Buku Gramedia yang berada di pusat Mall Bandung BIP (Bandung Indah Plaza dan BEC (Bandung Electronic Center). Ku parkir si andalan biru di bawah tempat parkir yang ada langit-langitnya karena takut nanti kehujanan kotor dah. Hehehe

Berangkat menuju Toko Buku yang katanya sebagai Toko Buku Gramedia terlengkap dan Terbesar di Indonesia. Sempat bingung karena ada banyak lantai. Di tiap lantai yang genrenya berbeda. Dari lantai 1 yang isinya tentang Agama semua sampai lantai atas yang isinya komik semua. Tentu saja saya langsung berangkat ke lantai yang paling atas. Karena memang tadi sempat browsing tentang Komik Detektif Conan Volume yang terbaru.

Sesampainya di lantai atas dan mencari tempat dimananya di taruh Komik Detektif Conan. Berbaur dengan komik Naruto dan One Piece tidak mengacaukan mata saya yang langsung mengambil volume terbaru yang sudah keluar. Tujuan utama sudah di tangan. Selanjutnya adalah keliling mencari buku-buku yang lain untuk di jadikan koleksi baca selama di sini.

Ternyata betul saja emang betul di sebut Toko Buku terbesar di Indonesia. Buku yang selama ini saya cari susah-susah di Toko Buku Gramedia Bekasi. Dengan mudah saya dapatkan di sini. Yaitu : Detektif Conan Volume 35 biar jadi koleksi yang lengkap. Karena cuma yang Volume 35 yang saya tidak punya waktu itu. Tetapi sekarang sudah lengkap.

Keliling ke tempat lainnya semakin saya ingin membeli semuanya juga. Karena apa pun buku yang saya inginkan waktu itu ada di sini. Tetapi karena sadar isi dompet tidak mencukupi waktu itu. Hanya cukup untuk beli Conan terbaru dan Volume 35. Saya gunakan cara ketika saya masih sekolah. Dengan membaca buku di situ langsung. Dan mencari buku yang sampulnya sudah terbuka. Jadi bisa irit uang dan lainnya. Kalau yang sampulnya belum dibuka semuanya. Pake cara yang lebih nekat lagi. Yaitu ambil buku yang ingin dibaca, lihat kanan kiri apakah ada petugas atau tidak, jika sudah aman sobek sampulnya dengan cepat dan taruh plastiknya di dalam kantong. Begitulah trik nekat saya saat keadaan tiris dan penasaran. Hehehe. (Jangan Coba-Coba untuk di ikuti). :)

Enaknya lagi kalau di TB sini disediakan bangku untuk area membaca. Jadi tidak mesti lesehan dan kena marah oleh petugas. Saat kita sedang asyik-asyiknya membaca gratis. Well itu tidaklah bagus.

Tetapi saat asyiknya sedang membaca buku. Ada yang berhasil mengalihkan pandangan saya. Cewek Cantik sepantaran saya yang sedang melihat-lihat buku di tempat saya. Seketika saja saat itu langsung lupa seketika karena melihat parasnya. Saya pandangi terus, si cewek itu sedang asyik mencari buku. Buku yang dia cari adalah tentang novel. Bukan karena saya menebak dan tahu lewat telepati. tetapi di rak buku yang dia cari ada bacaan genrenya. :D

Dia sudah memegang dua buku di tangannya. Benar-benar cewek idaman saya selain cantik dan smart tetapi juga suka baca. Hemb. Bolehlah nih.

Selama 15 menit saya mengamati gerak gerik dia. Seperti Detektif Conan sedang mengawasi tersangka pembunuhan. Dengan diam-diam dan menghilangkan aura keberadaan saya waktu itu. Semakin lama semakin pasti saya beranikan untuk mengenal tersangka incaran saya ini. Dengan gerakan pasti dan komat-kamit baca doa keberanian diri saya mencoba berkenalan dengannya.

Satu langkah dua langkah saya samperin tersangka yang masih asyik mencari buku. Dengan hati bergetar hebat dan komat-kamit. Eh tetapi langkah saya terhenti di langkah yang ke 6. Bukan karena tiba-tiba saya menjadi takut dan urungkan niat. Tetapi si tersangka inceran saya waktu itu untuk di ajak berkenalan ternyata udah punya kambing. Sialan. :-)

Langsung saja saya ke kasir untuk membayar dua buah buku dan langsung Ciau kembali pulang.

Sekian dulu ya.

***********************************************************************************************************************

 

 

 

 

 

 

 

 

Edisi Nostalgia : Masa – Masa Saat MOS SMK

Kali ini di post yang kesekian kalinya ini. Saya akan mencoba mengingat kembali masa lalu yang ada asyiknya dan ada juga gak asyiknya. Ketika, saya pas masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan. Ini adalah kejadian 4 tahun yang lalu. Waktu itu saya ikut Masa Orientasi Siswa atau yang biasa disebut dengan MOS.

Waktu itu di sekolah saya bukan di sebut dengan MOS tapi Pekan Ta’aruf Ilmiah. Yang katanya sih artinya Seminggu berkenalan dan bersilahturahmi. Waktu itu Pekan Ta’aruf yang saya dan teman saya ikuti adalah 3 hari di Sekolah dan 4 Hari kemping di Cibubur. Beginilah isi post kali ini.

Jam 05.30 saya berangkat bersama kakak saya ke Sekolahan. Karena masuknya jam 06.30 makanya saya berangkat pagi itu. Bersama dengan Saudara saya yang diantar oleh Bapaknya. Saya minta diantar karena kalau naik angkutan bisa lama. Di karenakan juga karena saya belum tahu tempat. Dan juga biasanya di saat jam segitu adalah jam-jam macet karena pada memulai kesibukan masing-masing. Makin susah aja saya untuk datang tepat waktu.

Sampai di sekolah jam Setengah 7 kurang 15 menit. Saya bingung mesti ngapain waktu. Karena emang belum kenal sama siapa-siapa. Seperti Ayam Pelo yang di tinggal sama induknya. Kegiatan saya waktu saat itu adalah duduk manis di teras kelas sambil liatin siswa-siswa baru yang pada baru datang.

Selama 3 hari saya mesti mengikuti Pekan Ta’aruf Ilmiah di sekolah. Yang 3 hari itu saya di kasih tugas ini itulah sama Pengawas. Dari tugas rambut di suruh di botakin, Nyari karung buat bikin tas lah. Nyari tambang buat pengait tas lah. Sampai nyari makanan dan minuman dengan di kasih kode. misalnya di suruh nyari minuman 6T. yang telah di cari-cari ternyata Air Minum VIT. Oia waktu itu saya di pilih menjadi ketua kelompok untuk Kemping di Cibubur.

Saya waktu itu terima aja sebagai ketua. Di karenakan biasanya kalau MOS menjadi ketua kelompok itu jarang di kerjain sama Pengawas dan menjadi akrab. Sebagai ketua kelompok saya memimpin 13 Cowok dan 22 Cewek di karenakan kelompok saya campuran. Tapi pemikiran saya salah karena katanya Ketua Kelompok tuh harus bertanggung jawab atas semua kesalahan yang dilakukan oleh Kelompoknya. Sial.

Pas hari keempatnya sebelum berangkat ke Cibubur semua anggota harus berkumpul terlebih dahulu. Dan ini adalah salah satu Pengawas dan kelompoknya. Inilah wajah 4 tahun lalu. Sungguh senyum itu indah.

10941_1312302405155_1923085_n

Setelah berkemas-kemas dan bersiap-siap sambil makan bubur kacang hijau yang di sediakan oleh panitia. Jam 07.30 kita serombongan berangkat menuju Cibubur. Dengan menumpang 3 Mobil TNI kami semua berangkat. Tetapi terjadi kesalahan yang di lakukan oleh Panitia. ternyata jumlah Mobil tidak cukup untuk menampung semua rombongan.

Karena saya waktu itu ketua kelompok. Saya naik yang perjalanan pertama. Karena mesti nyiapin tenda dan ngawasin anggota kelompok cewek saya. Berdua dengan teman baru, Yang sampai sekarang menjadi teman akrab. Saya sangat santai saja sambil nikmatin angin. Perjalanan ke Cibubur hanya butuh waktu 1 jam dari tempat keberangkatan.

Sesampainya, Saya harus mencoba mendirikan tenda bersama anggota kelompok cowok yang baru ada tidak sampai setengahnya. Untuk kelompok cewek saya serahkan kepada Pengawas Kelompok saya untuk membantunya. Waktu terus berjalan. Semua kelompok sudah berhasil pada mendirikan tendanya masing-masing. Sedangkan kelompok saya yang kekurangan Anggota malahan belum berdiri sama sekali. Karena pusing mikirin tenda. Saya ajak kelompok saya untuk makan dulu sambil nunggu anggota kelompok saya yang belakangan. Sungguh santai sekali waktu itu. Padahal gak mikirin kalau tendanya belum berdiri mau tidur dimana kelompok saya.

Sambil makan sambil liatin tenda kelompok lain yang sudah berdiri. Lucu-lucu tendanya. Karena, ada tenda yang dari terpal. Dan pas saya cek ke dalam ternyata bau Kambing. Hahahaha. Gak pernah bisa bayangin tidur dengan beratapan Bau Kambing. Sungguh payah karena tertawain tenda orang tetapi tenda sendiri belum berdiri.

Oia sambil nungguin anggota kelompok saya yang lain. Ini saya kasih tau anggota kelompok cewek saya. Kocak-kocak. Nungguin anggota lain sambil dengerin ceramah pengawas. Ini ni.

10941_1312356286502_8243308_n

Dan pas nungguin kayak begitu. Kelompok yang lain baru pada datang, Terlihat dari mobil yang di belakang. Hahahahha

Pas semua anggota kelompok saya udah pada datang. Barulah tenda kelompok kami coba di dirikan. Di iringi hawa malas karena habis bersantai-santai bersama yang lain.

Bagi-bagi tugas. ada yang membantu mendirikan Tenda dari dalam supaya tegak. Ada yang mematok kayu sebagai penopang tenda. Cukup rumit juga ternyata. Dari patok sini patok situ. Sikut sini sikut situ. Well itu gak nyambung.

Berkeringat dingin dengan jerih payah mendirikan Tenda bersama anggota. Hasilnya. Tenda anggota kelompok saya seperti komedi putar yang di sampingnya di kasih kuda-kuda. Bulat dan mirip sekali. Karena, waktu itu sudah sangat lemas karena baru datang akhirnya tenda kelompok saya didirikan seperti itu. Ya lebih baik lah dibandingkan tenda tetangga sebelah yang bau kambing itu. Hust. Jangan bilang-bilang sama tetangga sebelah ya.

Acara hari itu hanya dengerin arahan dari Ketua Yayasan dan pengawas. Diiringi dengan pengajian dan Surat Yasin dengan khidmat karena waktu itu malam jum’at. setelah selesai semuanya kembali ke Komedi Putar dan tidur bersama-sama.

Acara hari selanjutnya adalah Perkenalan dengan para tetangga sebelah. Dilanjutkan dengan Shalat Jum’at. Sambil diberikan ceramah yang jelas-jelas bikin ngantuk karena semuanya capek saat ceramah itu. Waktu itu selepas shalat jum’at semua rombongan di kumpulkan di lapangan. Di beritahukan bahwa telah terjadi Bom terorisme di Hotel Ritz Carlton dan hotel lain. Kami serombongan langsung berdoa untuk diberikan ketabahan dan kebaikan bagi korban. Amin

Acara klimaksnya adalah nyari jejak. Semuanya rombongan ikutan acara itu. Diawali satu persatu kelompok maju duluan. Karena waktu itu kelompok saya kelompok 11. Yang berarti kelompok saya adalah kelompok yang terakhir untuk maju belakangan. Hehehe.

Dari hal itu yang masih saya inget adalah di tiap Pos. Saat kena hukuman sama Penjaga Pos. Kelompok saya selalu bilang begini “Salah kita apa ?”. sampai berulang kali kelompok saya bilang begitu dan berulang kali kelompok saya kena hukuman karena hal itu. Tetapi dikarenan kelompok saya benar maka saya berulang kali selalu bilang sama yang lain kalau di hukum serempak harus bilang ” Salah kita apa ?”. Tetapi udah hukum alam yang bilang pengawas selalu benar saya dan anggota kelompok pun pasrah. Sambil di iringi dengan dosa kami yang semakin berkurang. Hehehe

Eniwei di perjalan itu sambil mencari Kayu ranting untuk di kumpulkan saat api unggun. Karena, kelompok kami yang paling terakhir dan rantingnya pun udah pada habis sama kelompok yang duluan. Kelompok saya pun panik karena takut kena hukuman lagi. Dikarenakan hal yang seperti itu, anggota pun mencari akal. Anggota saya tiba-tiba lari ke pohon dan manjat ke atas untuk metik ranting padahal itu di larang karena karena ada di dahan pohon.

Anggota yang sudah mulai takut kena hukuman pun menyemangatinya supaya lebih banyak lagi untuk metiknya biar gak kena marah. Eh apa yang terjadi ternyata bukannya kena marah sama pengawas tetapi kena marah sama penjaga di Cibubur. Kabur. Sejak kejadian itu bocah yang manjat tadi langsung di panggil sama yang lain dengan panggilan Bolang sampai sekarang. Karena seperti Bolang yang di Trans7 itu. :D

Karena harap cemas sudah sirna. Karena sudah punya ranting yang cukup banyak hasil jerih payah tadi. Kami pun berangkat ke tujuan akhir dari perjalanan itu. Eh tatkala sampai di situ. Bukannya senang-senang malahan kena lorengan di pipi dan wajah saya dengan lumpur. Dilanjutkan dengan terjun ke rawa-rawa. Seperti yang ada di di penerimaan Abri baru. Merangkak di atas lumpur. sambil di seret-seret sama pengawas jika males-malesan merangkaknya. Inilah wajah saya saat mengikuti kegiatan waktu itu. Gak terlupa pake make-up lumpur.

10941_1312296245001_2257752_n

Ada lagi anggota kelompok yang lain yang sedang melaksanakan keasyikan itu. Dengan senyum sumbing bahagia merona dibibirnya. Yang seakan-akan manis itu. Hehehe

10941_1312356206500_1257722_n

Senyummu mengalihkan duniaku. :-)

Setelah hari-hari berat itu berakhir. Sehabis mandi dan Shalat maghrib. Kami semua rombongan berkumpul di lapangan untuk acara pamungkas yaitu api unggun. Hasil ranting yang kelompok saya dan kelompok lain kumpulkan tadi siang. Walaupun siang itu berat terasa tapi pas malamnya kami beriang gembira dengan di iringi nyala api unggun yang besar.

Sekian dulu ya :D

Oia pesannya seperti ini :

#Walaupun kita mengalami kejadian seperti itu yang tidak mengenakkan di hati, Cobalah buat kejadian itu menjadi asyik. Berpikir positif untuk hal yang mengasyikkan. Walaupun pake make-up lumpur tapi jika di bawa pikiran yang asyik. Senyum kita pun menjadi lebih indah walaupun diri ini penuh dengan kotoran.

 

 

 

 

 

 

Kehikmahan itu adalah sesuatu !!!

Sejak tinggal sendiri di Kostan karena sedang Kuliah di bandung, Alhamdulillah saya berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Saya selalu menjadi lebih menghargai hidup ini, lebih menghargai orang yang berada di sekitar kita. lebih menghargai orang yang selalu membantu saya. Selalu mengucapkan terima kasih kepada Allah dan semuanya. Dan yang terpenting saya melakukan yang tidak bisa saya lakukan saat sedang di rumah.

Berubah, berubah dan berubah menjadi yang lebih baik selalu saya coba. Dan itu semua semoga saya dapatkan. Setiap kita melakukan sesuatu dan mencobanya untuk melakukan pasti mendapatkan hikmah yang tidak biasanya. Seperti saya yang sedang mencoba hidup mandiri.

Sejak tinggal sendiri, saya selalu menghargai apa itu arti hidup dan untuk apa saya hidup di dunia ini. Selalu menghargai setiap orang yang berada di sekitar saya. Apalagi orang yang selalu saya sayang seperti salah satunya adalah keluarga dll.

Menjadi lebih menghargai setiap detik bersama orang yang saya sayang seperti keluarga saya. Biasanya, waktu saya itu masih hidup dan tinggal bersama keluarga. Saya selalu mengabaikan detik dan keakraban keluarga yang sangat besar artinya bagi saya saat sekarang.

Karena makna hidup sendiri adalah menjadi lebih baik dan baik. Contohnya saat sering ketemu dengan keluarga apalagi orang tua. Kita selalu bilang bosen dan bosen. Tapi semenjak di sini, dan saat saya pulang ke Kampung Halaman saya jadi mengerti apa itu Keluarga. Karena selain kita kangen. Mereka jugalah yang berarti dalam hidup ini. Menjadi penyemangat dan tuntunah arah.

Dan lagi saya sering beribadah dan menjalankan perintah-perintah-Nya. Seperti Shalat dan Puasa. waktu tinggal di rumah saya selalu mengabaikan Shalat. Padahal itu sangat penting sekali. Karena dapat membuat hati tenang dan tentram dalam hidup ini. Oia dan satu lagi puasa. Alhamdulillah saya menjadi sering rutin Puasa saat di sini. seperti yang saya jalankan di sini adalah Puasa Senin Kamis yang sangat – sangat susah di jalankan saat saya sedang di rumah.  Entah karena males atau apalah. pasti susah untuk di jalankan.

Menjadi lebih memaknai makanan dan minuman yang cukup melimpah. merasakan sesuatu yang orang lain alami seperti kelaparan. Saya selalu menikmati makanan yang telah di berikan. Dan tidak lupa selalu mengucapkan terima kasih Kepada Allah dan juga lainnya.

Untuk yang lainnya ?. memang ini terasa aneh karena saya sering mengucapkan terima kasih dan rasa sayang kepada benda yang telah membantu saya dalam menjalani hidup ini. Contohnya seperti Notebook. Notebook telah sangat – sangat membantu saya dalam mengerjakan sesuatu. Seperti contohnya saat saya sedang menulis cerita ini di Notebook. Saya selalu mengucapkan terima kasih dan selamat beristirahat dalam hati sehabis saya pakai. Memang seakan aneh.

Karena dalam pikiran saya saat kita telah di bantu oleh yang lain ucapkanlah terima kasih. Dan sayangi lah untuk benda. Karena jika saya menyayanginya mungkin atau tidak pasti dia akan lebih semangat. Ya seperti Notebook menjadi tidak gampang rusak. Setiap sesuatu dan apapun yang kita lakukan itu pasti ada balasannya yang setimpal.

 

Contoh lainnya adalah meja yang sering saya gunakan untuk menahan beban benda yang lain. Dari yang berat dan ringan. Saya seperti sayang sama sebuah benda dan meja sampai sekarang  membalasnya. Kenapa ?.. Karena walaupun di tindih dengan barang yang berat. Dia menjadi tidak mudah patah dan rapuh ataupun bahkan di gigit dengan rayap. Ucapkan terima kasih

Walaupun ini jadi seperti orang aneh dan mempunya sifat dan pikiran yang tidak biasa. Saya tidak masalah dengan itu yang penting saya menghargai semua yang telah membantu saya dalam kehidupan ini.

Semoga di berikan kesehatan untuk semuanya. Khususnya keluarga saya.  Amin (y)

Dan menjadi lebih baik, baik dan baik..

Reportase : Taman Bacaan Excellent dari Dulu hingga Sekarang

Taman Bacaan Excellent sudah berfungsi sebagaimana mestinya dari yang awalnya cuma sebuah niat hingga berjalan seperti sekarang. Di post yang kali ini saya akan mencoba membuat reportase awal pembangunan hingga sampai sekarang. berupa foto-foto nostalgia dari yang dulunya berbentuk rawa-rawa hingga berbentuk bangunan. Di reportase ini saya akan buat 3 bagian reportase yaitu : Pembangunan, Kegiatan, dan Keceriaan.

Dari awal kegiatan pembangunan sampai perjalanan suatu kegiatan step by step saya reportase lewat foto-foto ini.

Saya awali dengan foto dari awalnya kegiatan pembangunan sebuah rumah dan taman bacaan di lanjutkan dengan foto pembangunan Saung Taman Bacaan.

400456_347541068596748_1599469589_n

Ini foto awal dari sebuah tempat yang akan di jadikan Taman Bacaan. masih berbentuk rawa-rawa dan tanahnya masih sangat lembek karena tanah rawa.

405359_347544321929756_1157796109_n

Di lanjutkan dengan foto-foto Pengurukan tanah untuk memadatkan dan tidak jeblos lagi kalau di injak.

379876_351032128247642_1509726656_n

403654_351037508247104_609745110_n

406049_351035618247293_698959438_n

386430_351038371580351_216941919_n

Kecapean nguruk tanah cukup istirahat di bawah Pohon Jambu Sambil Minum Kelapa Muda. Terlihat Di foto-foto yang atas Gak tau Mana yang bos Proyek mana yang pekerja karena sama semuanya. Hehehehe

Setelah tanah padat di lanjutkan dengan Pembangunan Rumah dan Taman Bacaan. di awali dengan penempatan Bahan Bangunan

398587_384502981567223_1873749608_n

424182_384503008233887_1850578585_n

429433_384502571567264_616816844_n

398587_384502981567223_1873749608_n

402460_384502898233898_1324422361_n

429063_384502931567228_1926491644_n

Setelah bahan Bangunan sudah lengkap saatnya mulai untuk pembangunan awalnya.

417263_413278995356288_495633456_n

64960_406307452720109_965410099_n

Di awali dengan Pembuatan Batas samping Pembangunan.

402726_384502848233903_1971562551_n

418030_413279678689553_344366300_n

418499_413279838689537_2146470939_n

419856_413280325356155_483601833_n

421270_413280255356162_441847826_n

421331_413279555356232_1571699443_n

421721_413279268689594_1814963146_n

421838_413280192022835_2067276017_n

424418_413279165356271_1286607629_n

425942_413279762022878_813400055_n

425995_413278828689638_1471976759_n

426261_413280388689482_1594204247_n

426879_413279348689586_1937743653_n

429220_413279498689571_1059835197_n

429559_413280078689513_1705438762_n

430095_413280572022797_717845736_n

431467_413278928689628_641414770_n

431409_413280642022790_285620429_n

3IMG-20120322-00604

5IMG-20120322-00602

14IMG-20120322-00591

15IMG-20120322-00593

16IMG-20120322-00590

17IMG-20120322-00589

18IMG-20120322-00588

19IMG-20120322-00587

20IMG-20120322-00586

21IMG-20120322-00584

22IMG-20120322-00583

Plus di bantu dengan Bos Pembangunan Rumah dan Taman Bacaan ini. Karena kehabisan modal jadi turun tangan sendiri. Hahaha

544049_421389031211951_655261355_n

551739_421389321211922_1759954717_n

560808_421337924550395_1035280741_n

Setelah pembangunan rumah, selanjutnya adalah pembangunan dari Saung Taman Bacaan. Cekidot

292146_2127474484088_1400301729_n

548334_2127473764070_1593678788_n

581168_2127475124104_1776509671_n

Dan pondasi dan Pola bentuk telah selesai di tutup dengan :

561250_2127476204131_992989837_n

524443_2127475924124_1630466992_n

525645_2127480964250_397482970_n

526168_2127472004026_845133456_n

528524_2127480684243_1115874383_n    535873_2127481204256_1624403557_n

550157_2127478084178_1004417696_n

560775_2127478924199_1733121297_n

577226_2127480444237_350486512_n

Setelah semua tahap pembangunan selesai saya akan reportasekan kegiatan yang sudah di jalankan di  Taman Bacaan dan Saung Excellent ini. Ini lah kegiatan-kegiatan itu.

Sebagaimana fungsi awal Taman Bacaan dan Saung Excellent adalah untuk tempat anak-anak membaca dan Kopdar(Kopi Darat)

149683_542031279147725_166581873_n

76597_554875664529953_750002021_n

208867_466558793372378_2059669118_n

246643_540907312593455_699084042_n

Dan kegiatan lainnya adalah memetik Buah sendiri. Pohon buah yang ada di Saung dan Taman Bacaan Excellent.

549110_430766050274249_1204626055_n

Di lanjutkan dengan peresmian Saung dan Taman Bacaan Excellent dengan sebuah pengajian bersama di Halaman Taman Bacaan.

155652_542448305772689_276108167_n

541218_542448029106050_1897832226_n

430572_542447839106069_691654376_n

546277_540601219290731_716785888_n

Gak asyik rasanya jika sudah ada kesusahan lewat pembangunan tidak di iringi dengan sebuah keceriaan. Keceriaan yang di hasilkan oleh para pekerja pembangunan. Nah untuk yang terakhir adalah sebuah keceriaan yang ada di Taman Bacaan ini. Berikut ini :

Asyiknya makan di Saung

197763_466558960039028_1866711802_n

Bermain Pingpong di halaman Taman Bacaan.

249512_544020002282186_796147831_n

Memetik buah dan sayuran yang ada di Taman Bacaan

311352_559156070768579_775746800_n

549110_430766050274249_1204626055_n

417642_501883846495802_2130830425_n

Mancing ikan di Saung dan Taman Bacaan Excellent

165993_491826510834869_1835632382_n

403856_500380066646180_1673642055_n

557568_500380096646177_2049520072_n

546991_548430071841179_681865416_n

Bercengkrama dengan saudara, sahabat, dan semua yang ada di hidup kita ini.

428833_499898823360971_960336028_n

424236_521812454502941_941726728_n

197644_466560340038890_1206364067_n

399712_540897142594472_768807827_n 

527822_10150957965718486_1231789458_n

562006_540906492593537_210611186_n

399712_540897142594472_768807827_n

Oia btw tadi kan ada kegiatan memetik buah ini ada sekilah foto buah-buahan yang ada di Taman Bacaan. Sungguh segar

532846_445025822181605_204443780_n

418310_406307166053471_466667969_n

521871_421411401209714_570639891_n

417176_413279892022865_1902315765_n

374527_559157027435150_1756860806_n

383519_427434207274100_174625253_n

534077_430761920274662_1295328330_n

Saking banyaknya jambu, sampai pohonnya harus di topang dengan bambu karena tidak kuat beban dari buahnya sendiri

386415_566159823401537_870128465_n

150138_438682379482616_622427390_n

556580_491211544229699_416883227_n

229971_466559670038957_2032524051_n

Dan sayurannya yang ada di Saung dan Taman Bacaan Excellent

375619_501040173246836_1158688376_n

419879_520823397935180_1177560724_n

431508_520823111268542_1168984930_n

 

Sekian reportase dari saya semoga Saung dan Taman Bacaan ini menjadi Bunga harapan yang akan selalu mekar dalam prosesnya.

534927_466271643390356_1443596673_n

Oia foto-foto ini hasil jepretan saya, ambil dari blog vavai dan teman-teman online saya.

Terima Kasih.

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Qurban Idul Adha : First Taman Bacaan

Seperti yang udah di jelaskan di blog vavai.com tentang rencana Taman Bacaan Excellent yang akan melaksanakan Penyembelihan Qurban.  ini tulisan yang ada di blog vavai tentang Rencana Penyembelihan Hewan Kurban di Taman Bacaan Excellent

Dan kutipannya :

“Jika tidak ada halangan, hari Sabtu 27 Oktober 2012 rencananya ada acara penyembelihan hewan kurban di Taman Bacaan Excellent. Total ada 3 ekor kambing yang akan disembelih.

Mengapa saya memilih untuk mengadakan acara penyembelihan hewan kurban di Taman Bacaan Excellent? Mengapa tidak digabungkan di Masjid atau Mushala dilingkungan sekitar?

Pertimbangan utama saya menyelenggarakan acara penyembelihan hewan kurban di Taman Bacaan Excellent adalah karena saya ingin agar Taman Bacaan selalu ramai dikunjungi dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Oleh karenanya saya memilih lokasi Taman Bacaan sebagai preferensi tempat jika saya ingin menyelenggarakan suatu kegiatan.”

walaupun telat tapi tidak mengurangi makna dan arti.

Berikut ini adalah reportase yang saya buat atas kegiatan tersebut :

Di awali dengan pagi hari yang sejuk dan damai. karena cuti bersama pada hari sabtu itu. membuat saya lupa bahwa akan melaksanakan penyembelihan hewan qurban di Taman Bacaan yang letaknya tidak jauh dari rumah saya.

Sesuai jadwal penyembelihan akan di laksanakan pada jam 7 pagi. karena, sang penyembelihnya mempunyai jadwal yang cukup padat saat itu. tetapi karena terbawa dengan sejuknya pagi itu dan kordinasi yang kurang baik antara kakak dan keponakan saya, ada sebuah kejadian.

jam 7 kurang 15 menit seharusnya saya ataupun kakak saya harus menjemput orang yang menyembelih itu, walaupun rumahnya tidak jauh tapi haruslah di jemput. Tetapi yang terjadi kurang dari 10 menit dari jadwal tidak ada yang menjemputnya karna gak ada komunikasi yang baik.

jadinya pun saya membawa 3 ekor kambing ke Taman Bacaan untuk di sembelih karena kambingnya di simpan di rumah bukan di Taman Bacaan karena di situ gak ada yang jagain. Tetapi hal yang gak di duga adalah saat saya membawa kambing itu bersama keponakan. Saya ketemu dengan orang yang akan menyembelih. ternyata datang sendiri tanpa di jemput. tetapi tetap saja tidak enak hati. hehe

Singkatnya saya membawa kambing dan dia pun mengikuti dari belakang untuk menuju TKP Penyembelihan yang tidak jauh.

Sampai di sana dan menunggu beberapa saat. Saling silih berganti datanglah Bapak,Kakak, dan keponakan saya untuk menyembelih.

inilah reportase dan foto dari penyembelihan itu

Untuk pertama yang di sembelih di antara 3 kambing adalah warna hitam dulu. karena ada 1 hitam dan 2 putih. Kambing warna hitam yang pertama karena yang termasuk agresif sebagai seorang kambing. penyembelihan di lakukan di bantu pegangin sama kakak dan keponakan saya plus di bantu doa oleh bapak saya. seperti yang terlihat di foto atas Hehhe

saat penyembelihan dan pengambilan foto. saya mendengar suara yang asing. ternyata oh ternyata yang berbicara adalah 2 kambing di bawah ini(Khayal). yang sedang menunggu giliran.

Yang belakang bilang ke yang depan bahwa harus dia yang duluan di potong. karena badannya yang lebih besar. curang. Seperti cerita Shaun The Sheep aja. bahwa sheep yang kecil lebih pintar untuk cari alasan.

Sungguh malang nasibmu mbing. karena berhasil di bodohi oleh teman etnis bangsamu sendiri.

Saat penyembeliha yang kedua, tersiar pertanyaan yang tidak di duga oleh yang menyembelih. bukan minta air bukan karena Goloknya yang karat. tetapi di pemotongan yang selanjutnya dia ingin di foto. Hadeuh

Jadilah saya foto dengan hasilnya seperti ini

Ternyata walaupun biasa motong makhluk hidup, ternyata narsis juga ya jika ada kamera. :D

Dan yang si pintar dan hewan yang terakhir ini pun akhirnya di sembelih juga. walaupun si kambing merasa berat untuk meninggalkan dunia ini. apalagi kalau dia liat fotonya itu yang di kasih tampilan daun. makanan kesukaan dia. Hehhe

Sekian Reportase dari saya. Terima Kasih, Hatur Nuhun. Thanks You.